RSS
Wecome to my Blog, enjoy reading :)

Minggu, 05 Desember 2010

Belajar dari Kaktus

........,

Iseng-iseng nyari inspirasi di google buat di tulis di blog, akhirnya telah diputuskan untuk menulis tentang kaktus hhe lebaay.. ( bingung mau nulis apa lagi soalnya hhe )


Ternyata saya sendiri baru tahu, kaktus itu ada berbagai macam jenis dan bentuknya pun bermacam-macam, awalnya yang saya bayangkan kaktus seperti yang terlihat di film-film kartun, yaitu hanya tumbuhan berduri yang hidup di gurun atau di lingkungan yang suhunya panas.

Berikut adalah tumbuhan kaktus yang beraneka ragam bentuk dan keindahannya :











Indah bukan??
Hmm saya jadi berpikir ternyata tumbuhan kaktus itu diciptakan Allah tidak sekedar untuk dijadikan suatu tanaman hias yang indah saja, tetapi jika diamati secara detail ternyata kita bisa banyak belajar dari tumbuhan yang satu ini lho. Hayoo apa ??


Pertama menurut saya :

Dari bentuk tanamannya yang berduri dan bunganya yang indah dilihat, keindahan kaktus dapat dirasakan oleh semua orang, tetapi duri yang dimilikinya membuatnya tidak bisa dipegang dengan sembarangan. Coba renungkan sendiri maksud dari kalimat tersebut, mudah-mudahan kalian yang membaca bisa mengerti maksud dan tujuan dari kalimat tersebut khususnya kepada kalian kaum perempuan.

Kedua :

Dari habitat kaktus itu sendiri, kaktus tidak pernah mengeluh ditempatkan di padang pasir yang gersang, panas serta kemampuannya bertahan dalam keadaan yang sulit tersebut membuatnya kuat. Subhanallah. Coba renungkan kembali apa maksud dari kalimat tersebut. Terkadang ketika kita sedang berada pada putaran roda yang bawah ( merasa gagal, apa yang diinginkan tidak sesuai harapan dsb ), kita suka terjatuh dalam keadaan tersebut, menurut saya itu wajar apalagi ketika masa-masa remaja seperti ini, saya pun mengalami hal tersebut. Yang paling sulit dalam keadaan tersebut adalah bagaimana untuk bangkit kembali dari keadaan tersebut. Dalam notes MQ pagi tertulis tips untuk bangkit dari keadaan tersebut :

Tips nya adalah dengan memahami sifat-sifat Allah. Pemahaman akan sifat Allah ini akan menjadi kunci bagi kita menjalani setiap ketetapan Allah yang ditetapkan untuk kita. Misalnya kita tahu sifat Allah yang Qudrat atau berkuasa. Jika kita memahaminya, ketika kesulitan dan ujian hadir, seharusnya kita lebih mudah untuk ikhlas karena memang Allah lah yang berkuasa atas segala sesuatu. Dengan memahami sifat Allah, kita akan menjadi lebih ringan menjalani ketetapan-ketetapanNya.

Ketiga :

Kaktus biasanya hidup sendirian di padang pasir, tidak seperti halnya tumbuhan di hutan yang bisa hidup berdampingan satu sama lain. Kaktus hanya hidup ditemani oleh hembusan angin dengan pasirnya yang berterbangan, tetapi kaktus tetap kokoh berdiri di sana tanpa mengeluh sedikit pun. Dari notes MQ pagi juga tertulis :

Kita seharusnya mengetahui persis apa tujuan hidup kita. Kalau tujuannya sudah tidak jelas, kita cenderung tidak terarah dan ngawur. Sementara ketika kita sudah mengidentifikasi dengan pasti apa tujuan hidup kita, kita akan beraktivitas dan berdedikasi dengan lebih baik. Misalnya, saat kita menentukan tujuan akhir adalah ridha Allah yang berbuah surga. Jika itu tujuan kita, maka kita akan mencari tahu apa saja yang bisa menuntun kita pada ridha Allah yang akan menuntun kita ke surga. Setelah tahu, kita juga akan lebih termotivasi menjalankannya.


Subhanallah ternyata Allah menciptakan sesuatu itu pasti ada manfaatnya, seperti tumbuhan kaktus salah satunya yang dapat menjadi pelajaran bagi kita. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari sesuatu yang diciptakan Allah, hanya saja ketidaktahuan dan keterbatasan pemikiran kita sehingga hal tersebut belum dapat kita ketahui.


Al Baqarah ayat 164,

" Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. "



chevy iskandar....

2 komentar:

Sebening embun kaira mengatakan...

eh, saya baru dua hari ini memelihara kaktus ... senangnya. terimakasih ya postingnya. moga2 kaktusku cepat berbunga ...

Anonim mengatakan...

saya suka peihara kaktus... pengen nambah lg koleksi jenisNx,tp susah nyari bibitNx...

Posting Komentar

 
Copyright 2009 me and physics Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Ezwpthemes